Senin, 01 Mei 2006

Waktu

Waktu sangat berharga, mengapa? Karena waktu yang sudah berlalu tidak bisa ditebus kembali. Waktu yang dipercayakan oleh Tuhan kepada kita bisa diisi dan dipakai untuk sesuatu yang baik dan berharga. Tetapi juga bisa diisi dan dipakai untuk sesuatu yang buruk dan sia-sia. Secara umum kita semua tahu tentang hal ini, masalahnya banyak di antara kita yang tidak sadar tentang hal ini. Akibatnya sementara waktu berlalu dan tidak bisa diulangi lagi, kita sudah kehilangan banyak hal yang penting dan berharga dalam hidup kita.

Alkitab mengatakan dalam Pengkhotbah 3:1-8, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam; ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun; ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari; ada waktu untuk membuang batu, ada waktu untuk mengumpulkan batu; ada waktu untuk memeluk, ada waktu untuk menahan diri dari memeluk; ada waktu untuk mencari, ada waktu untuk membiarkan rugi; ada waktu untuk menyimpan, ada waktu untuk membuang; ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara; ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.

Ayat-ayat di atas memberikan pengertian kepada kita tentang pentingnya waktu. Pertanyaannya hari ini kita sedang berada dalam waktu yang seperti apa? Saat-saat dan masa-masa yang ada harus kita sadari dengan sungguh-sungguh agar kita terus berjalan dalam hal-hal yang baik dan berharga. Satu hari pada saatNya kita akan terheran-heran akan apa yang Tuhan kerjakan bagi kita semua.

Doa saya hari ini, saat kita ada di hari yang baru dan minggu yang baru kita cukup peka dan menyadari kita ada di waktu yang seperti apa. Pakai waktu hari ini dan minggu ini dengan bijaksana, pakai semua untuk kemuliaanNya. Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar: